Teknik Administrasi untuk Sekretaris di Industri Teknologi
di Sekretaris & AdministrasiTentang Pelatihan
Deskripsi Pelatihan
Pelatihan ini menggunakan moda webinar yang cocok untuk seorang sekretaris dengan memberikan pengetahuan seputar tugas dan tanggung jawab seorang sekretaris, mengelola kegiatan pimpinan, mengatur rapat online dan offline, mengatur surat masuk dan keluar, penggunaan aplikasi meeting online serta penggunaan media sosial sebagai alat komunikasi. Pelatihan ini bertujuan untuk memberikan bekal terkait tugas dan tanggung jawab seorang Sekretaris. Selanjutnya peserta akan diberikan bekal tambahan
seperti menangani penerimaan/pengiriman surat, produksi dokumen, alat komunikasi digital, penggunaan perangkat lunak (google aplikasi dan microsoft), mengelola jadwal dan rapat pimpinan serta menulis dalam bahasa inggris. Adapun urutan pembelajaran yang akan diberikan saat pelatihan yaitu :
Sesi 1: Pemahaman tentang Sekretaris dalam mengelola kegiatan pimpinan serta peran teknologi
Sesi 2: Pemanfaatan dan peran teknologi dengan video conference
Sesi 3: Teknik Notulensi Rapat & Mempersiapkan Dokumen serta Peran Teknologi Video Conference
Sesi 4: Peran & Manfaat Media komunikasi, serta Korespondensi & Monitoring Seorang Sekretaris
Sesi 5: Manajemen Pengelolaan & Pengarsipan Dokumen
Tujuan Umum Pelatihan
Melalui pelatihan ini peserta dapat memiliki kemampuan kompetensi pengetahuan yang akan diajarkan meliputi, memahami profesi sekretaris, mampu mengatur rapat tradisional maupun daring, memahami pembuatan surat, bentuk surat, dokumen & mengelola kegiatan pimpinan disamping itu sekretaris wajib memiliki kemampuan dalam memanfaatkan teknologi digital baik administrasi & pelaporan(google apps, microsoft office), rapat ( zoom, gmeet, Microsoft team) & komunikasi (telegram & Whatsapp) untuk mendukung pekerjaan sekretaris profesional di era digital dengan menunjukkan minimal 80 persen penguasaan materi pada saat unjuk keterampilan.
Tujuan Khusus Pelatihan
Setelah mengikuti pelatihan ini, peserta diharapkan memiliki kemampuan sebagai berikut:
1. Memahami ruang lingkup profesi sekretaris, mengimplementasikan cara untuk mengelola kegiatan pimpinan, memahami Peran teknologi dalam membantu skill Sekretaris.
2. Mengimplementasikan Pemanfaatan teknologi zoom dalam penyelenggaraan rapat online, mengimplementasikan Pemanfaatan teknologi google meet dalam penyelenggaraan rapat online, mengimplementasikan Peran teknologi microsoft team dalam penyelenggaraan rapat online, memahami Komparasi teknologi Rapat Online
3. Mempraktekkan cara membuat Notulensi Rapat , mempersiapkan Administrasi dan Dokumen, memahami Peran Teknologi Microsoft dalam membantu pekerjaan sekretaris, mempraktekkan Pemanfaatan teknologi berbasis cloud Google aplikasi
4. Memahami Peran Media Komunikasi di era Digital, Mempraktekkan Pemanfaatan Media Komunikasi melalui tool Telegram, mempraktekkan Pemanfaatan Media Komunikasi melalui tool Whatsapp, membuat ulang Surat menyurat dan Dokumen elektronik, mempraktekkan cara Monitoring pekerjaan dengan sistem Checklist
5. Memahami Pengarsipan data dan Manajemen Pengelolaan Dokumen, mempraktekkan Sistem Laporan Kinerja, mempraktekkan cara untuk membuat Perencanaan Kerja, memahami Sistem Monitoring dan Evaluasi Pekerjaan dalam membantu pimpinan.
Aspek Kompetensi: Pengetahuan (Knowledge)
1. Memahami berbagai berbagai Aplikasi media komunikasi digital
2. Memahami gaya pengelolaan kegiatan pimpinan
3. Analisis aplikasi video conference
4. Analisis jenis-jenis surat atau dokumen yang di terima
Aspek Kompetensi: Keterampilan (Skill)
1. Menyusun ulang dan merancang prioritas kerja harus dilakukan oleh sekretaris
2. Membuat sebuah grup koordinasi team baik melalui telegram atau Whatsapp dalam menyampaikan berita dan kegiatan keseharian.
3. Kemampuan untuk melakukan menggunakan teknologi dalam mengelola jadwal kegiatan pimpinan. Hal ini meliputi kemampuan menyusun kegiatan dengan menggunakan software kalender digital, aplikasi scheduling seperti google calender dan komunikasi melalui email (outlook mail) dan platform lainnya seperti zoom, google meet atau microsoft team dalam mempermudah koordinasi dan komunikasi jarak jauh di perusahaan.
4. Memiliki kemampuan menyusun dalam mengarsipkan surat/dokumen dengan baik dan teratur. Hal ini meliputi kemampuan untuk menyimpan surat/dokumen dengan benar dan mudah diakses jika diperlukan di masa depan dengan dibantu teknologi seperti cloud aplikasi (google drive & microsoft one drive)
5. Mampu merancang tampilan dokumen yang menarik dan mudah dibaca. Hal ini meliputi kemampuan dalam mengatur layout, font, ukuran, dan jenis huruf yang digunakan dalam dokumen elektronik dengan memanfaatkan aplikasi digital seperti Microsoft office atau google apps
Aspek Kompetensi: Sikap (Attitude)
1. Teliti , cermat dan komunikatif dalam mengakomodasi mengelola kegiatan pimpinan .
2. Adaptif dengan menunjukan dengan perubahan dan pergeseran prioritas yang terjadi dalam jadwal kegiatan pimpinan. Dalam era digital yang terus berkembang,
3. Teliti terkait dengan menangani surat/dokumen harus memiliki kepedulian terhadap keamanan surat/dokumen yang diterima/dikirim. Hal ini meliputi pemahaman tentang jenis informasi yang terkandung dalam surat/dokumen dan tindakan yang harus diambil untuk memastikan informasi tersebut aman.
Kelompok Sasaran
1. Usia minimum 18 tahun
2. Usia maksimum 64 tahun
3. Pendidikan Minimal SMA/SMK
Syarat dan ketentuan lainnya
- Laptop / Personal Computer
- Jaringan internet stabil
- Alat Praktek: Aplikasi Zoom Meeting, Google Sheet, Microsoft Word, Aplikasi PDF
Durasi Per Sesi
1/ 09.00 - 12.00 WIB 1/ 13.00 - 16.00 WIB (180 menit)
- Pelatihan Ruang lingkup Profesi Sekretaris
- Pelatihan Mengelola Kegiatan Bisnis
- Pelatihan Peran teknologi dalam membantu skill Sekretaris
2/ 09.00 - 12.00 WIB 2/ 13.00 - 16.00 WIB (180 menit)
- Pelatihan Pemanfaatan teknologi zoom dalam penyelenggaraan rapat online
- Pelatihan Pemanfaatan teknologi google meet dalam penyelenggaraan rapat online
- Pelatihan Peran teknologi microsoft team dalam penyelenggaraan rapat online
- Pelatihan Komparasi teknologi Rapat Online
3/ 09.00 - 12.00 WIB 3/ 13.00 - 16.00 WIB (180 menit)
- Pelatihan Teknik Notulensi Rapat
- Pelatihan Mempersiapkan Administrasi dan Dokumen
- Pelatihan Peran Teknologi Microsoft dalam membantu pekerjaan sekretaris
- Pelatihan Pemanfaatan teknologi berbasis cloud Google aplikasi
4/ 09.00 - 12.00 WIB 4/ 13.00 - 16.00 WIB (180 menit)
- Pelatihan Peran Media Komunikasi di era Digital
- Pelatihan Pemanfaatan Media Komunikasi melalui tool Telegram
- Pelatihan Pemanfaatan Media Komunikasi melalui tool Whatsapp
- Pelatihan Surat menyurat dan Dokumen elektronik
- Pelatihan Monitoring pekerjaan dengan sistem Checklist
5/ 09.00 - 12.00 WIB 5/ 13.00 - 16.00 WIB (180 menit)
- Pelatihan Pengarsipan data dan Manajemen Pengelolaan Dokumen
- Pelatihan Sistem Laporan Kinerja
- Pelatihan Membuat Perencanaan Kerja
- Pelatihan Sistem Monitoring dan Evaluasi Pekerjaan dalam membantu pimpinan
Total Durasi
900 menit
Kapasitas Peserta
100
Metode Pembelajaran
Daring
Metode Evaluasi
1. Pre Test
2. Quiz
3. Post Test
4. Unjuk Keterampilan
Jenis/Klasifikasi Sertifikat
Sertifikat Penyelesaian
Cara Redeem Voucher
Profile Mentor
Berikut profile singkat mentor di pelatihan ini :
1. Indah Erniawati
Sebagai seorang yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang Sekretaris dan Managerial di beberapa perusahaan, mempunyai kemampuan dalam kerja kelompok maupun individu. Mempunyai pengalaman lebih dari 10 tahun dalam bidang pemberdayaan SDM dan memiliki pengalaman pelatihan lebih dari 5 tahun dibidang pengelolaan administrasi dan kesekretariatan
2. Muthiah Andia Murtika
Sebagai seorang yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang Sekretaris dan Administrasi di perusahaan, mempunyai kemampuan dalam mengelola administrasi perkantoran dan pengalaman mengajar dalam bidang kepenulisan, mengelola aplikasi rapat online, dan bidang administrasi.
Profile Asisten Mentor
Berikut profile singkat asisten mentor di pelatihan ini :
1. Della Ainurrohma
Berpengalaman selama 2 Tahun dalam bidang Sekretaris. Dari pengalaman kerja tersebut, Della memiliki keahlian dalam administrasi dan pelaporan. Pengalaman lain terkait pengalaman mengajar sebagai instruktur bidang sekretaris mahir dokumentasi dan mahir event online.
2. Kristin Anggalia Natalia
Sebagai seorang yang berpengalaman lebih dari 10 Tahun sebagai staff Humas dan staff Administrasi menunjukkan kemampuan dalam bidang mengelola administrasi, laporan dan mengelola dokumen. Memiliki pengalaman lain terkait pengalaman mengajar sebagai instruktur bidang pemanfaatan teknologi dalam pekerjaan sekretaris.
Website : https://cybersacademy.id/
Call Center
No Telp Cybers Academy = 0838 4689 2203
WA CS Cybers Academy = http://wa.me/6283846892203
Group Telegram = https://t.me/cybersacademy2023
Komentar (0)
Jadwal Pelatihan Aktif
Menampilkan 4 jadwal pelatihan Aktif (jadwal pelatihan aktif terdekat)
Jadwal : 30 Sep - 04 Okt 2024
Sesi Pelatihan
Sesi Pagi (09.00 - 12.00) : 0 Peserta Pelatihan Tidak dijalankan karena tidak terdapat pesertaSesi Malam (19.00 - 22.00) : 0 Peserta Pelatihan Tidak dijalankan karena tidak terdapat peserta
Jadwal : 07 Okt - 11 Okt 2024
Sesi Pelatihan
Sesi Pagi (09.00 - 12.00) : 0 Peserta Pelatihan Tidak dijalankan karena tidak terdapat pesertaSesi Malam (19.00 - 22.00) : 0 Peserta Pelatihan Tidak dijalankan karena tidak terdapat peserta
Jadwal : 14 Okt - 18 Okt 2024
Sesi Pelatihan
Sesi Pagi (09.00 - 12.00) : 0 Peserta Pelatihan Tidak dijalankan karena tidak terdapat pesertaSesi Malam (19.00 - 22.00) : 0 Peserta Pelatihan Tidak dijalankan karena tidak terdapat peserta
Jadwal : 21 Okt - 25 Okt 2024
Sesi Pelatihan
Sesi Pagi (09.00 - 12.00) : 0 Peserta Pelatihan Tidak dijalankan karena tidak terdapat pesertaSesi Malam (19.00 - 22.00) : 0 Peserta Pelatihan Tidak dijalankan karena tidak terdapat peserta
Webinar Hari - 1 Teknik Administrasi untuk Sekretaris di Industri Teknologi
Materi Bacaan Hari - 1 Teknik Administrasi untuk Sekretaris di Industri Teknologi
Tujuan Sesi : Memahami ruang lingkup profesi sekretaris, mengimplementasikan cara untuk mengelola kegiatan pimpinan, memahami Peran teknologi dalam membantu skill Sekretaris
Instruksi : Silahkan pelajari kembali materi bacaan yang sudah diberikan mengenai topik Pemahaman tentang Sekretaris dalam mengelola kegiatan pimpinan serta peran teknologi
Bentuk Penugasan : Buatlah sebuah presentasi langkah-langkah untuk mengelola kegiatan rapat pimpinan, mulai dari persiapan rapat sampai dokumentasi rapat. Tugas dibuat dalam bentuk presentasi Power Point dalam format pdf dan di upload ke LMS Cybers Academy dengan ukuran maksimal 10mb
Webinar Hari - 2 Teknik Administrasi untuk Sekretaris di Industri Teknologi
Materi Bacaan Hari - 2 Teknik Administrasi untuk Sekretaris di Industri Teknologi
Tujuan Sesi : Mengimplementasikan Pemanfaatan teknologi zoom, google meet, microsoft team dalam penyelenggaraan rapat online serta memahami Komparasi teknologi Rapat online
Instruksi : Silahkan pelajari kembali materi bacaan yang sudah diberikan mengenai topik Pemanfaatan dan peran teknologi dengan video conference
Bentuk Penugasan : Buatlah video rekaman praktek menyelenggarakan simulasi meeting menggunakan aplikasi meeting online zoom mulai dari start zoom hingga mengakhiri rapat. Record atau rekam simulasi rapat selama minimal 3 menit dan maksimal 5 menit. Tugas dibuat dalam format video rekaman dan diupload ke LMS Cybers Academy dengan ukuran maksimal 10 mb
Webinar Hari - 3 Teknik Administrasi untuk Sekretaris di Industri Teknologi
Materi Bacaan Hari - 3 Teknik Administrasi untuk Sekretaris di Industri Teknologi
Tujuan Sesi : Mempraktekkan cara membuat Notulensi Rapat , mempersiapkan Administrasi dan Dokumen, memahami Peran Teknologi Microsoft dalam membantu pekerjaan sekretaris dan mempraktekkan Pemanfaatan teknologi berbasis cloud Google aplikasi
Instruksi : Silahkan pelajari kembali materi bacaan yang sudah diberikan mengenai topik Teknik Notulensi Rapat & Mempersiapkan Dokumen serta Peran Teknologi Video Conference
Bentuk Penugasan : Buatlah sebuah dokumen melalui google sheet tentang hasil notulensi sebuah rapat. Selanjutnya salin link google sheet hasil praktek membuat dokumen notulensi tersebut ke Microsoft Word dan kirim ke LMS Cybers Academy dengan maksimal ukuran 10 mb.(catatan : Pastikan link google sheet dapat diakses oleh semua orang dengan mengubah akses menjadi “Anyone with the link - Viewer”)
Webinar Hari - 4 Teknik Administrasi untuk Sekretaris di Industri Teknologi
Materi Bacaan Hari - 4 Teknik Administrasi untuk Sekretaris di Industri Teknologi
Tujuan Sesi : Memahami Peran Media Komunikasi di era Digital, Mempraktekkan Pemanfaatan Media Komunikasi melalui tool Telegram, mempraktekkan Pemanfaatan Media Komunikasi melalui tool Whatsapp, membuat ulang Surat menyurat dan Dokumen elektronik dan mempraktekkan cara Monitoring pekerjaan dengan sistem Checklist
Instruksi : Silahkan pelajari kembali materi bacaan yang sudah diberikan mengenai topik Teknik Notulensi Rapat & Mempersiapkan Dokumen serta Peran Teknologi Video Conference
Bentuk Penugasan : Buatlah 3 surat undangan rapat kerjasama yang ditujukan kepada lembaga pemerintahan, swasta, dan organisasi (masing masing 1 surat). Dikumpulkan dalam satu file google sheet. Selanjutnya salin link google sheet hasil praktek membuat surat tersebut ke Microsoft Word dan kirim ke LMS Cybers Academy dengan maksimal ukuran 10 mb. (catatan : Pastikan link google sheet dapat diakses oleh semua orang dengan mengubah akses menjadi “Anyone with the link - Viewer”)
Webinar Hari - 5 Teknik Administrasi untuk Sekretaris di Industri Teknologi
Materi Bacaan Hari - 5 Teknik Administrasi untuk Sekretaris di Industri Teknologi
Bagi peserta yang mengikuti pelatihan ini silahkan untuk menyiapkan aplikasi video conference yang akan digunakan untuk mengelola kegiatan bisnis melalui rapat online. Boleh menggunakan Zoom Meeting, Google Meet atau Microsoft Teams. Peserta yang sudah menyelesaikan tugas, silahkan mengirimkan foto ataupun video penjadwalan rapat dan pengelolaan rapat online melalui aplikasi rapat online
Peserta yang sudah menyelesaikan tugas, silahkan mengirimkan foto ataupun video penjadwalan kegiatan pimpinan dengan kapasitas maksimal 10 mb dan dikirim ke LMS dengan ukuran maksimal 10mb dalam kurun waktu paling lambat 3x24 jam setelah instruksi unjuk keterampilan diberikan.
Evaluasi Program
Reflective Journal