Tentang Pelatihan
Deskripsi Pelatihan
Melalui pelatihan ini diharapkan peserta dapat menjadi manajer pemasaran yang memiliki kemampuan untuk merancang dan menerapkan strategi inovatif yang efektif dalam memasarkan produk minuman untuk meningkatkan penjualan serta dapat menciptakan ide-ide baru dalam hal pengembangan produk dan promosi untuk menciptakan keunggulan kompetitif dan meningkatkan citra merek produk minuman yang dihasilkan dalam meningkatkan penjualan.
Tujuan Umum Pelatihan
Peserta mampu merancang dan menerapkan strategi inovatif yang efektif dalam memasarkan produk minuman untuk meningkatkan penjualan serta melalui inovasi produk dengan menciptakan ide-ide baru dalam hal produk sehingga dapat menciptakan keunggulan kompetitif dan meningkatkan citra merek produk minuman yang dihasilkan dengan menunjukkan minimal 80 persen penguasaan materi pada saat praktik mandiri.
Tujuan Khusus Pelatihan
Setelah mengikuti pelatihan ini, peserta diharapkan memiliki kemampuan sebagai berikut:
1. Memahami konsep inovasi produk dan pemasaran minuman
2. Menganalisis cara untuk meningkatkan penjualan
3. Memahami dasar-dasar penjualan
4. Menciptakan inovasi produk
5. Melakukan riset dan pengembangan produk
6. Membuat brand dan packaging minuman yang menarik
7. Mengembangkan strategi promosi dan pemasaran
8. Memahami cara menggunakan tool/alat pemasaran
9. Memahami penggunaan media sosial
10. Memahami dan mengaplikasi alat-alat promosi
11. Melakukan pengukuran kinerja untuk mengevaluasi efektivitas strategi pemasaran
12. Melakukan manajemen rantai pasokan
13. Menjalankan strategi penjualan melalui inovasi produk
14. Mampu mengatasi keluhan pelanggan dan memberikan solusi atas keluhan pelanggan
15. Mengidentifikasi kepuasan pelanggan
Aspek Kompetensi: Pengetahuan (Knowledge)
1. Memahami konsep inovasi produk dan pemasaran usaha minuman
2. Memahami Analisis pasar usaha minuman
3. Memahami Inovasi produk usaha minuman
4. Memahami cara untuk Mengelola usaha minuman
5. Memahami kegiatan pemasaran digital
6. Memahami cara mengatasi komplain pelanggan
7. Memahami cara membuat laporan kepuasan pelanggan
Aspek Kompetensi: Keterampilan (Skill)
1. Menyusun dan Membangun Menjelaskan konsep inovasi produk dan strategi pemasaran usaha minuman
2. Menyusun dan merancang kegiatan hasil analisa pasar usaha minuman
3. Merancang dan menghasilkan invosi produk baru sesuai dengan trend pasar
4. Merancang dan membangun mengelola usaha minuman
5. Merancang dan Menyusun ide-ide kreatif dalam kegiatan promosi usaha minuman
6. Merancang dan membangun kegiatan pemasaran digital
7. Memperbaiki dan menyesuaikan aturan yang menjadi komplain dari pelanggan
8. Membuat perencanaan baru dari hasil laporan kepuasan pelanggan
9. Mempraktekkan kegiatan inovasi usaha minuman
Aspek Kompetensi: Sikap (Attitude)
1. Menjelaskan konsep inovasi produk dan pemasaran usaha minuman dengan cermat dan teliti
2. Menunjukan dan menampilkan data analisa pasar usaha minuman dengan teliti
3. Bertanggung jawab dalam mengelola usaha minuman
4. Menjelaskan perencanaan dan Melengkapi kegiatan promosi produk usaha minuman dengan cermat dan teliti
5. Bertanggung jawab untuk melakukan kegiatan pemasaran digital baik sosial media atau website
6. Bertanggung jawab untuk melayani dan menyelesaikan persoalan setiap komplain dari pelanggan
7. Bertanggung jawab untuk melengkapi laporan kepuasan pelanggan
Kelompok Sasaran
1. Usia minimum 18 tahun
2. Usia maksimum 64 tahun
3. Pendidikan Minimal SMA/SMK
Syarat dan ketentuan lainnya
- Laptop: Memory RAM minimal 4Gb, Processor minimal Intel Pentium 4, 2.8 Ghz atau setaranya & Ukuran layar minimal 14 Inch atau Handphone yang bisa digunakan untuk Zoom Meeting
- Wifi/Sinyal Internet dengan kecepatan minimal 300 kbps
- Alat Praktek yang digunakan saat pelatihan: Buah segar, SKM, es batu, gelas, sendok
Durasi Per Sesi
1/ 09.00 - 12.00 WIB 1/ 13.00 - 16.00 WIB (180 menit)
- Pelatihan Pengenalan Konsep Inovasi Produk dan Pemasaran Minuman
- Pelatihan Analisis dalam Meningkatkan Penjualan Minuman
- Pelatihan Dasar-dasar Penjualan
2/ 09.00 - 12.00 WIB 2/ 13.00 - 16.00 WIB (180 menit)
- Pelatihan Menciptakan Inovasi Produk
- Pelatihan Riset dan Pengembangan Produk
- Pelatihan Melakukan Brand & Packaging Produk
- Pelatihan Strategi Promosi dan Pemasaran
- Pelatihan Tool/Alat Pemasaran
3/ 09.00 - 12.00 WIB 3/ 13.00 - 16.00 WIB (180 menit)
- Pelatihan Sales Online Menggunakan Media Sosial
- Pelatihan Promosi
4/ 09.00 - 12.00 WIB 4/ 13.00 - 16.00 WIB (180 menit)
- Pelatihan Pengukuran Kinerja
- Pelatihan Manajemen Rantai Pasokan
- Pelatihan Strategi Penjualan
5/ 09.00 - 12.00 WIB 5/ 13.00 - 16.00 WIB (180 menit)
- Pelatihan Keluhan Pelanggan
- Pelatihan Kepuasan Pelanggan
Total Durasi
900 menit
Kapasitas Peserta
100
Metode Pembelajaran
Daring
Metode Evaluasi
1. Pre Test
2. Quiz
3. Post Test
4. Unjuk Keterampilan
Jenis/Klasifikasi Sertifikat
Sertifikat Penyelesaian
Cara Redeem Voucher
Profile Mentor
Berikut profile singkat mentor di pelatihan ini :
1. Josua Wenidianto Mamahit
Sebagai Head Barista, memiliki banyak pengalaman dalam bidang pengolahan biji kopi hingga pembuatan menu kopi. Selain sebagai seorang pemilik usaha Warung Kopi juga mahir membuat berbagai macam minuman yang terbuat dari buah. Pengalaman membuka usaha lebih dari lima tahun sehingga mampu untuk membagikan pengetahuan tentang bagaimana membuka usaha serta mengelola kedai minuman sederhana.
2. Putu Ugram Swadharma, M.PSI,
Sebagai Manager Operasional , memiliki banyak pengalaman dalam melakukan pengawasan atau kontrol terhadap kinerja di kedai minuman kekinian maupun cabang kedai kopi dan pernah mempunyai pengalaman sebagai pengelola usaha warkop digital dan cabang bencoolen coffee Bengkulu dengan pengalaman lebih dari empat tahun, serta membagikan pengetahuan melalui pelatihan pemasaran dan promosi dan pelatihan memulai usaha kopi kekinian.
Profile Asisten Mentor
Berikut profile singkat asisten mentor di pelatihan ini :
1. Sidik Ali
Sebagai seorang waiter, memiliki banyak pengalaman dalam menangani pelangan, mulai dari menjelaskan tiap menu yang ada hingga menangani keluhan konsumen terkait pelayanan ataupun minuman dan makanan
2. Moch. Iqbal Rosyidi, A.Md.Kom
Sebagai Bartender, bertugas untuk menyajikan dan menyiapkan minuman kopi yang dipesan pelanggan serta sudah sangat mengenal jenis-jenis kopi dari mencium aromanya.
Website : https://prakerja.cybersacademy.id/
Call Center
WA CS Bencoolen Coffee = http://wa.me/6283846892203
Group Telegram = https://t.me/prakerjabencoolen2023
Komentar (0)
Webinar Hari - 1 Strategi Penjualan Minuman bagi Sales Profesional
Materi Bacaan Hari - 1 Strategi Penjualan Minuman bagi Sales Profesional
Tugas Praktik Hari - 1 Strategi Penjualan Minuman bagi Sales Profesional
Webinar Hari - 2 Strategi Penjualan Minuman bagi Sales Profesional
Materi Bacaan Hari - 2 Strategi Penjualan Minuman bagi Sales Profesional
Tugas Praktik Hari - 2 Strategi Penjualan Minuman bagi Sales Profesional
Webinar Hari - 3 Strategi Penjualan Minuman bagi Sales Profesional
Materi Bacaan Hari - 3 Strategi Penjualan Minuman bagi Sales Profesionall
Tugas Praktik Hari - 3 Strategi Penjualan Minuman bagi Sales Profesional
Webinar Hari - 4 Strategi Penjualan Minuman bagi Sales Profesional
Materi Bacaan Hari - 4 Strategi Penjualan Minuman bagi Sales Profesional
Tugas Praktik Hari - 4 Strategi Penjualan Minuman bagi Sales Profesional
Webinar Hari - 5 Strategi Penjualan Minuman bagi Sales Profesional
Materi Bacaan Hari - 5 Strategi Penjualan Minuman bagi Sales Profesional
Pengiriman Tugas Unjuk Keterampilan
Evaluasi Program
