Strategi Pengembangan Bisnis untuk Profesional Manajemen Bisnis
di Warung KreatifTentang Pelatihan
Deskripsi Pelatihan
Melalui pelatihan ini peserta diharapkan mampu memanfaatkan teknologi digital secara optimal dalam pengembangan bisnis, memperluas jangakauan pasar, dan meningkatkan efisiensi serta produktivitas baik mulai dari menyusun perencanaan bisnis sampai pada pemasaran melalui transformasi dan inovasi digital, strategi promosi dan mengembangkan strategi pemasaran digital serta melakukan evaluasi keberhasilan strategi pengembangan manajemen bisnis secara profesional. Program ini cocok bagi peserta yang ingin meningkatkan kemampuan mereka dalam merancang strategi bisnis yang lebih baik dan memperkuat posisi bisnis di pasar yang semakin kompetitif.
Tujuan Umum Pelatihan
Peserta pelatihan mampu menjadi profesional manajemen bisnis mulai dari pemahaman dan keterampilan dalam mengembangkan bisnis kreatif melalui digitalisasi dengan menggunakan teknologi informasi dan komunikasi hingga membuat perencanaan dalam pengembangan bisnis kreatif melalui transformasi dan inovasi digital dengan menunjukkan minimal 80 persen penguasaan materi pada saat unjuk keterampilan
Tujuan Khusus Pelatihan
Setelah mengikuti pelatihan, peserta mampu:
1. Memahami pemanfaatan digitalisasi dan perencanaan dalam pengembangan bisnis kreatif melalui transformasi & inovasi digital, Layanan Teknologi Digital, trend terkini dalam digitalisasi & teknologi dan bagaimana bisnis kreatif dapat memanfaatkannya untuk memperkuat bisnis serta menerapkan strategi pengembangan bisnis kreatif melalui digitalisasi.
2. Mengetahui berbagai alat dan platform digital yang dapat membantu dalam pengembangan bisnis kreatif, strategi manajemen yang efektif dalam menghadapi persaingan dan mengoptimalkan bisnis kreatif, pengembangan strategi bisnis kreatif dan penerapan transformasi digital pada bisnis kreatif, pengelolaan manajemen bisnis dalam bentuk warung kreatif serta pengelolaan manajemen bisnis dalam bentuk warung kreatif di bidang kuliner.
3. Memahami pemanfaatan layanan digital dalam pengelolaan manajemen bisnis kreatif, pengelolaan manajemen bisnis layanan kreatif dan potensi keagenan digital.
4. Merancang strategi promosi usaha kreatif, strategi pemasaran online dan mengaplikasikan pemanfaatan sosial media;
5. Mengaplikasikan pemanfaatan marketplace, mempraktekkan penyusunan laporan keuangan, aplikasi pengelolaan keuangan serta memahami pengukuran dan evaluasi keberhasilan strategi pengembangan manajemen bisnis kreatif melalui inovasi digital.
Aspek Kompetensi: Pengetahuan (Kognitif)
1. Memahami pemanfaatan digitalisasi dalam pengembangan Bisnis Kreatif
2. Memahami layanan teknologi digital
3. Memahami trend terkini dalam digitalisasi & teknologi
4. Memahami strategi pengembangan bisnis kreatif melalui digitalisasi
5. Memahami berbagai alat dan platform digital
6. Memahami strategi manajemen yang efektif
7. Mengetahui pengembangan strategi bisnis kreatif
8. Mengetahui pengelolaan manajemen bisnis
9. Mengidentifikasi peralatan dan layanan digital
10. Memahami dan menganalisis potensi keagenan digital
Aspek Kompetensi: Sikap Kerja (Afektif)
1. Bertanggung jawab dan berkomitmen dalam pengembangan bisnis kreatif
2. Bertanggung jawab dan berkomitmen untuk memperkuat manajemen bisnis kreatif
3. Berkomitmen untuk menerapkan transformasi digital pada bisnis kreatif
4. Menunjukan motivasi yang tinggi dalam mengembangkan bisnis kreatif melalui digitalisasi
5. Mempraktekan berkomunikasi dengan baik kepada karyawan, konsumen, dan pihak terkait lainnya, baik secara lisan maupun tulisan.
6. Melayani kebutuhan konsumen dan menciptakan produk atau layanan yang sesuai dengan keinginan mereka.
7. Dapat mempengaruhi orang lain untuk bekerja sama dengan tim dalam mengembangkan bisnis kreatif melalui digitalisasi.
Aspek Kompetensi: Keterampilan (Psikomotor)
1. Menyusun perencanaan dalam pengembangan bisnis kreatif melalui transformasi dan inovasi digital
2. Menyusun dan membangun kemampuan teknis yang diperlukan dalam mengoperasikan perangkat lunak yang digunakan dalam bisnis kreatif melalui digitalisasi, seperti keterampilan dalam mengedit gambar dan video, mengelola situs web, dan merancang platform e-commerce
3. Merancang kampanye pemasaran digital yang efektif menggunakan media sosial untuk mempromosikan bisnis & menganalisis data pemasaran untuk meningkatkan efektivitas kampanye pemasaran
4. Merancang dan membangun manajemen proyek yang baik, seperti kemampuan untuk merencanakan, mengatur, dan mengelola proyek secara efisien
5. Merancang konten yang menarik dan kreatif, mengembangkan ide-ide inovatif untuk bisnis & menghasilkan solusi kreatif dalam menghadapi masalah yang muncul
6. Menyusun kegiatan adaptasi yang baik, seperti kemampuan untuk beradaptasi dengan perubahan teknologi & tren pasar, serta mencari cara baru untuk mengembangkan bisnis secara kreatif dan inovatif
7. Mempraktekkan penyusunan laporan keuangan
8. Mempraktekkan aplikasi pengelolaan keuangan
9. Melakukan pengukuran evaluasi keberhasilan strategi pengembangan manajemen bisnis kreatif melalui inovasi digital
Kelompok Sasaran
Usia minimal 18 tahun
Usia maksimal 65 tahun
Pendidikan minimal SMA/SMK
Syarat lainnya :
- Laptop: Memory RAM minimal 4Gb, Processor minimal Intel Pentium 4, 2.8 Ghz atau setaranya & Ukuran layar minimal 14 Inch atau Handphone yang memadai untuk aplikasi zoom meeting
- Wifi/Sinyal Internet dengan kecepatan minimal 300 kbps
- Microsoft Word
- Media Sosial: Instagram/WhatsApp/Facebook dll
Durasi Per Sesi
1/ 09.00 - 12.00 WIB 1/ 13.00 - 16.00 WIB (180 menit)
Pelatihan Pengenalan Bisnis Kreatif dan Manfaat Digitalisasi
Pelatihan Perencanaan Pengembangan Bisnis Kreatif Melalui Transformasi & Inovasi Digital
Pelatihan Layanan Teknologi Digital
Pelatihan Trend Terkini dalam Digitalisasi
Pelatihan Strategi Pengembangan Bisnis Kreatif Melalui Digitalisasi
2/ 09.00 - 12.00 WIB 2/ 13.00 - 16.00 WIB (180 menit)
Pelatihan Pengenalan Alat dan Platform Digital
Pelatihan Strategi Manajemen yang Efektif
Pelatihan Penerapan Transformasi Digital pada Bisnis Kreatif.
Pelatihan Implementasi pengelolaan manajemen bisnis dalam bentuk Warung Kreatif
Pelatihan Implementasi pengelolaan manajemen bisnis dalam bentuk Warung Kreatif di bidang kuliner
3/ 09.00 - 12.00 WIB 3/ 13.00 - 16.00 WIB (180 menit)
Pelatihan Pemanfaatan layanan Digital dalam pengelolaan manajemen bisnis kreatif
Pelatihan Pengelolaan manajemen bisnis Layanan Kreatif
Pelatihan Potensi Keagenan Digital
4/ 09.00 - 12.00 WIB 4/ 13.00 - 16.00 WIB (180 menit)
Pelatihan Strategi Promosi Usaha Kreatif
Pelatihan Strategi Pemasaran Online (Online Marketing)
Pelatihan Pemanfaatan Sosial Media
5/ 09.00 - 12.00 WIB 5/ 13.00 - 16.00 WIB (180 menit)
Pelatihan Pengenalan Marketplace
Pelatihan Mempersiapkan Laporan Keuangan
Pelatihan Aplikasi Pengelolaan Keuangan Digital
Pelatihan Pengukuran dan evaluasi keberhasilan strategi pengembangan manajemen bisnis kreatif melalui inovasi digital
Total Durasi
900 Menit
Kapasitas Peserta
100
Metode Pembelajaran
Daring
Metode Evaluasi
1. Pre Test
2. Quiz
3. Post Test
4. Unjuk Keterampilan
Jenis/Klasifikasi Sertifikat
Sertifikat Penyelesaian
Cara Redeem Voucher
Profile Mentor
Berikut profile singkat mentor di pelatihan ini :
1. KHAIRUNNISA FARAH UTAMI, S.PD
Pengalaman bekerja menjadi seorang supervisor hingga menjadi manager sebuah cabang, menunjukkan kemampuan dalam mengatur karyawan hingga memecahkan sebuah masalah. mempunyai Jiwa leadership menunjukkan kemampuan dalam memimpin, memberikan arahan hingga pelatihan serta evaluasi sebuah tim dalam merencanakan strategi bisnis dalam membuka sebuah usaha.
2. Zainal Wahyudi. SE
Pengalaman lebih dari 10 tahun menjadi seorang manager, menunjukkan kemampuan dalam mengkoordinasi,mengarahkan, memimpin hingga mengevaluasi pencapaian menjadi dasar sesaorang mampu untuk mendirikan sebuah usaha. seorang manager yang mampu memberikan pelatihan bagaimana cara mengembangkan, meningkatkan penjualan produk perusahaan hingga melakukan strategi pemasaran. mempunyai banyak pengalaman bagaimana step awal mendirikan sebuah usaha hingga apa saja yang harus dilakukan agar usaha tersebut tetep bertahan dan berkembang.
Profile Asisten Mentor
Berikut profile singkat asisten mentor di pelatihan ini :
1. Putri Rachmawati,A.md
Sebagai staff pemasaran produk dengan pengalaman dua tahun menunjukkan kemampuan dalam mengelola konten promosi usaha dan penjualan melalui online serta pengalaman sebagai staff di bidang web menunjukkan kemampuan dalam pemasaran secara digital dan membagikan ilmu terkait pemasaran digital.
2. Syaira Zahra Anjani
Sebagai staff pemasaran dan promosi produk bertugas untuk engelola dan mengembangkan kampanye pemasaran, meneliti dan menganalisis data untuk mengidentifikasi dan menentukan pelanggan, melakukan kegiatan promosi serta mengawasi dan mengevaluasi efektivitas kampanye dengan pengalaman selama dua tahun dan juga menjabat sebagai tim kreatif warung kopi digital sehingga mampu untuk menjadi asisten dalam pengelolaan usaha dan berbagi ilmu bagaimana cara mengelola konten untuk memajukan usaha.
Website : https://prakerja.cybersacademy.id/
Call Center
No Telp CS Bencoolen Coffee = 089630751495
WA CS Bencoolen Coffee = http://wa.me/6289630751495
Group Telegram = https://t.me/prakerjabencoolen2023
Komentar (0)
Webinar Hari 1 - Strategi Pengembangan Bisnis untuk Profesional Manajemen Bisnis
Materi Bacaan Hari - 1 Strategi Pengembangan Bisnis untuk Profesional Manajemen Bisnis
Tugas Praktik Hari 1 - Strategi Pengembangan Bisnis untuk Profesional Manajemen Bisnis
Webinar Hari 2 - Strategi Pengembangan Bisnis untuk Profesional Manajemen Bisnis
Materi Bacaan Hari - 2 Strategi Pengembangan Bisnis untuk Profesional Manajemen Bisnis
Tugas Praktik Hari 2 - Strategi Pengembangan Bisnis untuk Profesional Manajemen Bisnis
Webinar Hari 3 - Strategi Pengembangan Bisnis untuk Profesional Manajemen Bisnis
Materi Bacaan Hari - 3 Strategi Pengembangan Bisnis untuk Profesional Manajemen Bisnis
Tugas Praktik Hari - 3 Strategi Pengembangan Bisnis untuk Profesional Manajemen Bisnis
Webinar Hari - 4 Strategi Pengembangan Bisnis untuk Profesional Manajemen Bisnis
Materi Bacaan Hari - 4 Strategi Pengembangan Bisnis untuk Profesional Manajemen Bisnis
Tugas Praktik Hari - 4 Strategi Pengembangan Bisnis untuk Profesional Manajemen Bisnis
Webinar Hari - 5 Strategi Pengembangan Bisnis untuk Profesional Manajemen Bisnis
Materi Bacaan Hari - 5 Strategi Pengembangan Bisnis untuk Profesional Manajemen Bisnis
Pengiriman Tugas Unjuk Keterampilan
Evaluasi Program
