Tentang Pelatihan
Deskripsi Pelatihan
Melalui pelatihan ini diharapkan seorang penjaga toko harus memiliki keterampilan manajemen usaha, kepemimpinan dan pengetahuan tentang pengelolaan bisnis mulai dari bahan baku, peralatan & perlengkapan usaha serta promosi & pemasaran ditambah tuntutan memiliki interpersonal yang baik untuk menjadi seorang penjaga toko yang mampu mengelola bisnis secara profesional.
Tujuan Umum Pelatihan
Peserta mampu mengimplementasikan prosedur dalam serangkaian aktivitas yang dilakukan untuk mengelola dan memastikan keberhasilan operasional usaha, mencakup pengelolaan sumber daya manusia, pengadaan bahan baku, manajemen persediaan, pengendalian biaya, pelayanan pelanggan, pemeliharaan fasilitas, menerapkan strategi pemasaran, hingga membuat laporan keuangan dengan menunjukkan penguasaan minimal 80 persen pada sesi unjuk keterampilan.
Tujuan Khusus Pelatihan
Setelah mengikuti pelatihan, peserta mampu:
1. Memahami cara dalam pengelolaan Manajemen Bisnis, memahami strategi dan pengembangan rencana bisnis serta mempraktikkan bagaimana cara mengoperasikan bisnis kafe dan mengelola bahan baku usaha
2. Mempraktikkan bagaimana alur untuk merencanakan dan mengoperasikan bisnis kafe serta menganalisis manajemen sumber daya manusia bisnis kafe
3. Memahami cara untuk merencanakan bahan baku untuk bisnis kafe serta melayani dan menangani pelanggan secara profesional
4. Melayani serta menganalisis cara untuk menangani situasi konflik pelanggan secara profesional, memahami manajemen pemasaran dan promosi bisnis kafe serta Memahami manajemen risiko cabang bisnis kafe
5. Mempraktekkan cara untuk mengelola manajemen keuangan bisnis kafe serta memahami prosedur keamanan, kesehatan dan keselamatan kerja
Aspek Kompetensi: Pengetahuan (Knowledge)
1. Memperhatikan pelanggan, produk, dan situasi di sekitar toko untuk melayani pelanggan, dan mengelola inventaris.
2. Mengindentifikasi potensi Pasar
3. Berkomunikasi dengan pelanggan untuk memahami kebutuhan dan permintaan mereka, memberikan informasi tentang produk, dan menjawab pertanyaan mereka dengan jelas dan tepat.
4. Menganalisis permintaan pelanggan, tren pasar, dan strategi pesaing untuk membuat keputusan yang tepat dalam hal pembelian stok barang atau penyesuaian harga.
5. Analisis data keuangan baik pemasukan dan pengeluaran
Aspek Kompetensi: Keterampilan (Skill)
1. Mempraktikkan cara untuk membuat laporan keuangan
2. Mempraktikkan cara untuk menyajikan produk kepada pelanggan
3. Mempraktikkan strategi pemasaran dan promosi bisnis
Aspek Kompetensi: Sikap (Attitude)
1. Teliti dalam memilih bahan baku yang tepat untuk usaha atau bisnis
2. Inisiatif dalam menata kebutuhan yang diperlukan dalam mengelola bisnis kafe
3. Bertanggung jawab dalam pemeliharaan peralatan dan perlengkapan yang diperlukan dalam mengembangkan bisnis
4. Bertanggung jawab dalam menjaga keamanan dan kebersihan toko serta kesehatan produk yang dijual
5. Cepat dan sigap dalam melayani pelanggan
6. Cepat dan sigap dalam mengatasi keluhan dan komplain pelanggan
Kelompok Sasaran
Usia minimal 18 tahun
Usia maksimal 65 tahun
Pendidikan minimal SMA/SMK
Syarat lainnya :
- Laptop: Memory RAM minimal 4Gb, Processor minimal Intel Pentium 4, 2.8 Ghz atau setaranya & Ukuran layar minimal 14 Inch atau Handphone yang memadai untuk aplikasi zoom meeting
- Wifi/Sinyal Internet dengan kecepatan minimal 300 kbps
- Alat Praktek: kopi bubuk, gelas, air mineral, SKM, sendok
Durasi Per Sesi
1/ 09.00 - 12.00 WIB 1/ 13.00 - 16.00 WIB (180 menit)
Sesi 1 : Manajemen Bisnis, Strategi Pengembangan Rencana Bisnis, Manajemen Operasional Bisnis dan Bahan Baku Usaha
- Konsep Manajemen Bisnis
- Peran dan tanggung jawab Penjaga Toko
- Membuat rencana bisnis yang efektif dan efisien
- Strategi pengembangan cabang kafe
- Jenis-jenis bahan baku usaha kafe
2/ 09.00 - 12.00 WIB 2/ 13.00 - 16.00 WIB (180 menit)
Sesi 2 : Perencanaan Bisnis dan Manajemen Sumber Daya Manusia Bisnis
- Pengenalan peralatan kafe
- Mengelola persediaan dan inventaris
- Mengelola kualitas dan keamanan produk yang dijual
- Membangun tim yang efektif dan efisien
- Rekrutmen dan seleksi karyawan
- Pelatihan dan pengembangan karyawan
3/ 09.00 - 12.00 WIB 3/ 13.00 - 16.00 WIB (180 menit)
Sesi 3: Bahan Baku dan Keluhan Pelanggan
- Merencanakan Bahan Baku untuk Bisnis Kafe
- Cara untuk Menangani Keluhan Pelanggan
- Proses Penanganan Keluhan Pelanggan
- Menentukan standar pelayanan
- Konsep pelayanan secara umum
4/ 09.00 - 12.00 WIB 4/ 13.00 - 16.00 WIB (180 menit)
Sesi 4: Situasi Konflik, Promosi dan Manajemen Risiko
- Cara untuk menangani situasi konflik
- Ciri-ciri dan Faktor-faktor Konflik
- Membangun rencana pemasaran yang efektif dan efisien
- Membuat rencana pemasaran akurat untuk menghadapi persaingan
- Merancang strategi pemasaran berbasis digital on-line
- Mengelola media sosial dan pemasaran digital
- Mengelola Hubungan dengan Pelanggan
- Mengidentifikasi risiko dan mengelola krisis
- Penanganan keluhan pelanggan dan masalah operasional
- Pengelolaan risiko hukum dan peraturan
5/ 09.00 - 12.00 WIB 5/ 13.00 - 16.00 WIB (180 menit)
Sesi 5: Manajemen Keuangan dan K3
- Langkah membuat laporan keuangan bagi pemula
- Pemanfaatan Aplikasi Keuangan
- Membuat laporan laba rugi
- Penyusunan anggaran investasi dan modal kerja untuk keperluan operasional usaha.
- Kalkulasi harga pokok seduhan per cangkir atas dasar biaya langsung, biaya tidak langsung, biaya operasional dan biaya overhead.
- Kalkulasi penerimaan dan perhitungan neraca kas [laba rugi] dan pengendalian anggaran
- Membuat dan menganalisis laporan keuangan
- Membuat anggaran dan mengelola arus kas
- Pengelolaan inventaris dan persediaan
- Pengenalan K3
Total Durasi
900 Menit
Kapasitas Peserta
100
Metode Pembelajaran
Daring
Metode Evaluasi
1. Pre Test
2. Quiz
3. Post Test
4. Unjuk Keterampilan
Jenis/Klasifikasi Sertifikat
Sertifikat Penyelesaian
Cara Redeem Voucher
Profile Mentor
Berikut profile singkat mentor di pelatihan ini :
1. Hadi Christianto Tannada
Seorang Project Coordinator yang bertanggung jawab Memberikan pelatihan kepada seluruh Karyawan/Staff Baru dalam bidang produksi, manajemen & pemasaran produk, alur operational cabang dan mempunyai pengalaman menjadi seorang Manager Operational yang bertugas mengecek stock, penjualan, product development, dan strategi bisnis hingga menguasai pembuatan menu minuman kopi
2. Muhammad Tirta Adhitama
Pribadi yang kerja keras dan ulet. Berawal dari menjadi assistant barista hingga dipercaya menjadi Seorang Barista di sebuah resto cabang Bengkulu. Menguasai seluk beluk tentang kopi, mulai dari Dasar Budi Daya Tanaman Kopi hingga menjadi segelas minuman kopi yang sangat di minati. Selain itu mempunyai keahlian dalam memberikan pelatihan bagaimana menjadi seorang barista permula, dan bagaimana cara membuka peluang usaha di bidang kopi.
Profile Asisten Mentor
Berikut profile singkat asisten mentor di pelatihan ini :
1. Utami Lestariningrum
Sebagai seorang barista yang mampu membuat atau meracik menu baru yang dapat menarik pelanggan, sudah sangat memahami jenis-jenis kopi dan cara pengolahannya agar dapat menghasilkan cita rasa baru yang pas di lidah
2. Amelia Rachma Fitri
Sebagai seorang barista yang setiap hari meracik sebuah kopi, menjaga dan merawat mesin-mesin kopi agar kopi yang dihasilkan memiliki kualitas terbaik juga melatih karyawan-karyawan baru mengenai pengoperasian mesin-mesin kopi, guna mengurangi terjadinya kesalahan
Website : https://prakerja.cybersacademy.id/
Call Center
No Telp CS Bencoolen Coffee = 089630751495
WA CS Bencoolen Coffee = http://wa.me/6289630751495
Group Telegram = https://t.me/prakerjabencoolen2023
Komentar (0)
Webinar Hari - 1 Strategi Pengelolaan Kedai bagi Penjaga Toko Pemula
Materi Bacaan Hari - 1 Strategi Pengelolaan Kedai bagi Penjaga Toko Pemula
Tugas Praktik Hari - 1 Strategi Pengelolaan Kedai bagi Penjaga Toko Pemula
Webinar Hari - 1 Strategi Pengelolaan Kedai bagi Penjaga Toko Pemula
Materi Bacaan Hari - 2 Strategi Pengelolaan Kedai bagi Penjaga Toko Pemula
Tugas Praktik Hari - 2 Strategi Pengelolaan Kedai bagi Penjaga Toko Pemula
Webinar Hari - 3 Strategi Pengelolaan Kedai bagi Penjaga Toko Pemula
Materi Bacaan Hari - 3 Strategi Pengelolaan Kedai bagi Penjaga Toko Pemula
Tugas Praktik Hari - 3 Strategi Pengelolaan Kedai bagi Penjaga Toko Pemula
Webinar Hari - 4 Strategi Pengelolaan Kedai bagi Penjaga Toko Pemula
Materi Bacaan Hari - 4 Strategi Pengelolaan Kedai bagi Penjaga Toko Pemula
Tugas Praktik Hari - 4 Strategi Pengelolaan Kedai bagi Penjaga Toko Pemula
Webinar Hari - 5 Strategi Pengelolaan Kedai bagi Penjaga Toko Pemula
Materi Bacaan Hari - 5 Strategi Pengelolaan Kedai bagi Penjaga Toko Pemula
Pengiriman Tugas Unjuk Keterampilan
Evaluasi Program
