Tentang Pelatihan
Deskripsi Pelatihan
Pelatihan ini menggunakan moda webinar yang cocok untuk seorang Profesional dalam Manajemen Bisnis dengan memberikan pengetahuan seputar mengembangkan produk dan jasa yang menarik di bidang Desa Wisata, mengelola keuangan, mengelola SDM dan memperkuat hubungan dengan komunitas lokal serta promosi bisnis agrowisata. Pelatihan ini bertujuan untuk membangun dan mengelola bisnis agrowisata bagi Pengembang Bisnis. Selanjutnya peserta akan mempelajari pengembangan daerah pariwisata populer, pengetahuan wahana wisata Agro Techno Edupark, perencanaan kegiatan wisata agro, pemanduan kegiatan wisata agro serta evaluasi kegiatan wisata agro.
Adapun penjabaran sesi yang akan diberikan saat pelatihan yaitu :
Sesi 1: Dasar-dasar pariwisata, potensi desa wisata, homestay
Sesi 2: Konsep dasar pengembangan Agro Techno Edupark, pengaplikasian wahana di Agro Techno Edupark dan sosialisasi masyarakat
Sesi 3: Pengelolaan Agro Techno Edupark, wahana peternakan, irigasi semi mekanis dan membangunAquaponik
Sesi 4: Metode Greenhouse, pemasaran & branding Agro Techno Edupark, keragaman kuliner & suku serta pangan lokal
Sesi 5: Pengembangan produk pangan
Tujuan Umum Pelatihan
Peserta mampu membangun dan mengelola bisnis agro wisata dengan baik, termasuk dalam hal mengembangkan produk dan jasa yang menarik, memasarkan produk, mengelola keuangan, mengelola sumber daya manusia, membangun kemitraan, dan memperkuat hubungan dengan komunitas lokal serta merencanakan, mengelola, dan mempromosikan bisnis agrowisata secara efektif dan berkelanjutan, sehingga dapat memberikan manfaat ekonomi dan sosial yang signifikan bagi masyarakat setempat dan lingkungan sekitar yang dihasilkan dengan menunjukkan minimal 80 persen penguasaan materi pada saat praktik mandiri.
Tujuan Khusus Pelatihan
Setelah mengikuti pelatihan ini, peserta mampu:
1.Memahami dasar-dasar pariwisata, mengetahui potensi Desa Wisata, dan menjelaskan dalam pengenalan Homestay di Desa Wisata.
2.Memahami Konsep Dasar Pengembangan Agro Techno Edupark, mengaplikasikan Wahana yang dapat dikembangkan Agrotechno Edupark, serta dapat menjelaskan dan memberikan sosialisasi masyarakat yang meliputi definisi sosialisasi, tujuan sosialisasi, fungsi sosialisasi.
3.Merancang pembangunan dan persiapan Agrotechno edupark, memahami fasilitas pendukung Agro Technopark, memahami Wahana peternakan, menjelaskan Pengelolaan Agrotechno Edupark, merancang irigasi semi mekanis, merancang dalam membangun aquaponik
4.Mengimplementasikan Metode dalam membangun greenhouse, melakukan pemasaran dan branding Agrotechno Edupark, memahami keragaman kuliner dan suku, memahami pangan lokal meliputi.
5.Memahami pengembangan produk pangan, mempraktekkan tutorial dan resep berbahan pangan lokal, merancang tahapan kegiatan pengembangan industri pangan lokal, memahami teknologi pangan.
Aspek Kompetensi: Pengetahuan (Knowledge)
1. Pemahaman dan membandingkan tentang karakteristik bisnis agro wisata, seperti jenis produk, target pasar, dan tren bisnis terkini. Mereka juga harus mampu mengimplementasikan konsep manajemen bisnis, seperti perencanaan strategis, pengambilan keputusan, dan pengendalian operasional.
2. Analisis pasar dan persaingan: Mampu membandingkan apa saja kebutuhan dan keinginan pasar serta menganalisis kekuatan dan kelemahan pesaing sehingga dapat membangun produk dan layanan yang sesuai dengan kebutuhan pasar dan bersaing dengan pesaing yang ada di pasar.
3. Kemampuan merancang perencanaan dan pengambilan keputusan: sehingga dapat membuat rencana bisnis yang jelas dan terstruktur serta mengambil keputusan yang tepat dalam situasi yang berbeda. Hal ini sangat penting untuk memastikan pengelolaan bisnis yang efektif dan efisien.
4. Kemampuan manajerial: kemampuan manajerial yang baik dalam mengorganisasi dan manajemen sumber daya manusia, keuangan, dan operasional. Mereka juga harus dapat mengelola risiko dan konflik yang mungkin terjadi dalam bisnis.
5.Kemampuan analisis dan evaluasi: Kemampuan untuk melakukan membandingkan dan membuat perencanaan terhadap kinerja bisnis. Mereka harus dapat mengevaluasi kinerja produk dan layanan yang ditawarkan serta membuat perbaikan yang diperlukan untuk meningkatkan keuntungan bisnis.
Aspek Kompetensi: Keterampilan (Skill)
1. Membangun komunikasi yang baik untuk menjalin hubungan baik dengan para pelanggan, karyawan, dan mitra bisnis. Mereka juga harus dapat berkomunikasi dengan jelas dan efektif dalam presentasi bisnis dan promosi produk.
2. Kemampuan kepemimpinan yang baik dalam menginisialisasi dan mengarahkan karyawan dalam menjalankan tugas mereka. Mereka harus dapat memotivasi, memberi arahan, dan memimpin tim untuk mencapai tujuan bisnis.
3. Kemampuan untuk mengorganisasi aktivitas bisnis dan mengatur jadwal operasional. Hal ini termasuk kemampuan untuk membuat jadwal kerja, mengatur acara, dan mengelola stok produk.
4. Menyusun dan membangun sistem dalam memasarkan produk dan layanan bisnis. Hal ini mencakup kemampuan untuk membuat materi pemasaran, merancang strategi pemasaran, dan membangun jaringan pemasaran.
5. Merancang dan mengkombinasikan pengetahuan dan keterampilan teknologi yang diperlukan untuk mengelola bisnis secara efektif. Hal ini termasuk kemampuan untuk menggunakan perangkat lunak dan aplikasi bisnis, mengelola situs web, dan memanfaatkan media sosial untuk mempromosikan bisnis.
Aspek Kompetensi: Sikap (Attitude)
1. Kemampuan mengikuti kondisi dan beradaptasi dengan perubahan lingkungan bisnis dan industri. Mereka harus dapat mempraktekan berpikir kreatif dan mencari solusi yang tepat untuk mengatasi masalah yang muncul.
2. Menunjukan berempati: harus menunjukan kemampuan memahami kebutuhan dan keinginan pelanggan. Mereka harus dapat merespons dengan cepat dan memberikan pelayanan yang memuaskan.
3. Bergabung dan bekerja sama: kemampuan untuk berkolaburasi dengan orang lain dalam tim. Mereka harus dapat membangun hubungan kerja yang baik dengan karyawan dan mitra bisnis.
4. Mampu menyelesailkan masalah dalam mengambil risiko dalam bisnis. Mereka harus dapat membuat keputusan yang tepat dalam situasi yang tidak pasti dan memiliki kemampuan untuk mengatasi kegagalan.
5. Berkomitmen dan mempraktekan terhadap bisnis yang dijalankan. Mereka harus memiliki motivasi yang tinggi untuk mencapai tujuan bisnis dan mempengaruhi orang lain dalam memberikan memotivasi karyawan untuk mencapai tujuan bersama.
Kelompok Sasaran
1. Usia minimum 18 tahun
2. Usia maksimum 64 tahun
3. Pendidikan Minimal SMA/SMK
Syarat dan ketentuan lainnya
- Laptop / Personal Computer
- Jaringan internet stabil
Durasi Per Sesi
1/ 13.00 - 16.00 WIB (180 menit)
- Pelatihan dasar-dasar pariwisata
- Pelatihan Pengetahuan Potensi Desa Wisata
- Pelatihan Pengenalan Homestay di Desa Wisata
2/ 13.00 - 16.00 WIB (180 menit)
- Pelatihan Konsep Dasar Pengembangan Agrotechno Edupark
- Pelatihan Wahana Yang Dapat Dikembangkan Agrotechno Edupark
- Sosialisasi Masyarakat
3/ 13.00 - 16.00 WIB (180 menit)
- Pembangunan Dan Persiapan Agrotechno Edupark
- Pelatihan Fasilitas Pendukung Agrotechno Edupark
- Pelatihan Wahana Peternakan
- Pelatihan Pengelolaan Agrotechno Edupark
- Pelatihan Merancang Irigasi Semi Mekanis
- Pelatihan Dalam Membangun Aquaponik
4/ 13.00 - 16.00 WIB (180 menit)
- Metode Dalam Membangun Greenhouse
- Pelatihan Pemasaran Dan Branding Agrotechno Edupark
- Pelatihan keragaman kuliner dan suku
- Pelatihan pangan lokal
5/ 13.00 - 16.00 WIB (180 menit)
- Pengembangan Produk Pangan
- Pelatihan Tutorial Dan Resep Berbahan Pangan Local
- Tahapan Kegiatan Pengembangan Industri Pangan Local
- Teknologi Pangan
Total Durasi
900 menit
Kapasitas Peserta
50
Metode Pembelajaran
Daring
Metode Evaluasi
1. Pre Test
2. Quiz
3. Post Test
4. Unjuk Keterampilan
Jenis/Klasifikasi Sertifikat
Sertifikat Penyelesaian
Cara Redeem Voucher
Profile Mentor
Berikut profile singkat mentor di pelatihan ini :
1. Rahmawati Kusuma Wardhani
Sebagai seseorang yang berpengalaman di bidang ticketing selama lebih dari 5 tahun di beberapa perusahaan serta memiliki pengalaman menjadi tenaga pengajar di bidang pariwisata. Selain itu Wardhani juga adalah seorang konsultan travel yang mampu merekomendasikan serta mengatur perjalanan parisiwata klien dengan baik
Profile Asisten Mentor
Berikut profile singkat asisten mentor di pelatihan ini :
1. Venna Ersis Relita
Sebagai seorang tour leader yang berpengalaman lebih dari 2 tahun membuatnya mampu Membuat program tur dan menawarkan kepada pelanggan, serta mampu Mengkoordinir pelaksanaan operasional bidang domestic tour, outbuond tour dan inbound tour serta voucher hotel dan atau mitra kerja agen lainnya serta berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang ticketing and travel. Mempunya pengalaman mengajar dibidang pariwisata lebih dari 2 tahun.
Website : https://cybersacademy.id/
Call Center
No Telp Cybers Academy = 0838 4689 2203
WA CS Cybers Academy = http://wa.me/6283846892203
Group Telegram = https://t.me/cybersacademy2023
Komentar (0)
Jadwal Pelatihan Aktif
Menampilkan 4 jadwal pelatihan Aktif (jadwal pelatihan aktif terdekat)
Webinar Hari - 1 Strategi Pemasaran Agro Wisata Bagi Pengembang Bisnis
Materi Bacaan Hari - 1 Strategi Pemasaran Agro Wisata Bagi Pengembang Bisnis
Tujuan Sesi : Memahami dasar-dasar pariwisata, mengetahui Potensi Desa Wisata dan menjelaskan Pengenalan Homestay di Desa Wisata
Instruksi : Silahkan pelajari kembali materi bacaan yang sudah diberikan mengenai topik Webinar hari 1. Materi bacaan bisa diakses di LMS
Bentuk Penugasan : Buatlah rancangan 3 potensi desa wisata yang ada di kota anda.
Tugas dibuat dalam format pdf dan dikirim LMS dengan ukuran maksimal 10mb
Webinar Hari - 2 Strategi Pemasaran Agro Wisata Bagi Pengembang Bisnis
Materi Bacaan Hari - 2 Strategi Pemasaran Agro Wisata Bagi Pengembang Bisnis
Tujuan Sesi : Memahami konsep dasar pengembangan Agro Techno Edupark, mengaplikasikan Wahana yang dapat dikembangkan pada Agro Techno Edupark serta menjelaskan dan memberikan sosialisasi kepada masyarakat
Instruksi : Silahkan pelajari kembali materi bacaan yang sudah diberikan mengenai topik Webinar hari 2. Materi bacaan bisa diakses di LMS
Bentuk Penugasan : Buatlah 1 konsep wahana yang dapat dikembangkan menjadi Agrotechno Edupark di kota anda Tugas dibuat dalam format pdf dan dikirim ke email LMS dengan ukuran maksimal 10mb
Webinar Hari - 3 Strategi Pemasaran Agro Wisata Bagi Pengembang Bisnis
Materi Bacaan Hari - 3 Strategi Pemasaran Agro Wisata Bagi Pengembang Bisnis
Tujuan Sesi : Merancang pembangunan, persiapan dan menjelaskan fasilitas pendukung Agro Techno Edupark, memahami Wahana Peternakan, menjelaskan Pengelolaan Agrotech Edupark, merancang Irigasi Semi Mekanis serta merancang dalam Membangun Aquaponik
Instruksi : Silahkan pelajari kembali materi bacaan yang sudah diberikan mengenai topik Webinar hari 3. Materi bacaan bisa diakses di LMS
Bentuk Penugasan : Buatlah rancangan persiapan wahana Agro Techno Edupark meliputi pembibitan sayur dan buah organik, langkah penanaman benih, metode penanaman benih, proses penanaman. Dengan jenis tanaman yang sudah ditentukan (sawi/kangkung/bayam/kailan, dll). Tugas dibuat dalam format pdf dan dikirim ke LMS dengan ukuran maksimal 10mb
Webinar Hari - 4 Strategi Pemasaran Agro Wisata Bagi Pengembang Bisnis
Materi Bacaan Hari - 4 Strategi Pemasaran Agro Wisata Bagi Pengembang Bisnis
Tujuan Sesi : Mengimplementasikan Metode Dalam Membangun Greenhouse, melakukan Pemasaran Dan Branding Agrotechno Edupark, memahami keragaman kuliner dan suku serta memahami pangan lokal
Instruksi : Silahkan pelajari kembali materi bacaan yang sudah diberikan mengenai topik Webinar hari 4. Materi bacaan bisa diakses di LMS
Bentuk Penugasan : Buatlah rancangan pemasaran dan branding Agrotechno Edupark meliputi konsep dan strategi pemasaran. Tugas dibuat dalam format pdf dan dikirim ke LMS dengan ukuran maksimal 10mb
Webinar Hari - 5 Strategi Pemasaran Agro Wisata Bagi Pengembang Bisnis
Materi Bacaan Hari - 5 Strategi Pemasaran Agro Wisata Bagi Pengembang Bisnis
Bagi peserta yang mengikuti pelatihan ini silahkan untuk membuat video yang mempresentasikan tentang perencanaan bisnis Desa Wisata sector Agrotechno Edupark mulai dari perencanaan lanskap, menentukan lahan, pembibitan dan penanaman sayur dan buah organic, sarana prasarana, system irigasi, penggunaan greenhouse, menyusun badan pengelola Agrotechno Edupark hingga pemasaran dan branding Agro Techno Edupark
Peserta yang sudah menyelesaikan tugas, silahkan mengirimkan video hasil record presentasi dengan kapasitas maksimal 10 mb
Evaluasi Program
Reflective Journal