Tentang Pelatihan
Tujuan Umum
Peserta mampu mengaplikasikan cara untuk membangun usaha mikro melalui penerapan warung kopi digital dengan menerapkan konsep layanan digital, mempraktekkan strategi promosi dan pemasaran menggunakan teknik copywriting, mengelola keuangan serta menangani situasi konflik dan menganalisis kepuasaan pelanggan dengan menunjukkan minimal 80 persen penguasaan materi pada saat unjuk keterampilan
Tujuan Khusus
1. Mengaplikasikan cara untuk mengelola usaha mikro serta mengelola Sumber Daya Manusia dalam menjalankan usaha mikro
2. Mempraktekkan cara untuk membangun usaha mikro dalam penerapan warung kopi berbasis layanan digital, menganalisis jenis-jenis layanan digital, mempraktekkan teknik peracikan kopi serta memelihara peralatan usaha warung kopi digital
3. Mempraktekkan strategi promosi dan pemasaran secara offline dan online menggunakan media sosial dan marketplace dengan menerapkan teknik copywriting
4. Mengaplikasi cara untuk mengelola keuangan serta melakukan pengurusan izin usaha mikro
5. Mempraktekkan cara melayani pelanggan dengan baik serta menganalisis cara untuk menangani situasi konflik pelanggan secara profesional dan menganalisis kepuasaan pelanggan
Aspek Kompetensi: Pengetahuan (Knowledge)
1. Pengelolaan usaha mikro
2. Jenis-jenis layanan digital
3. Jenis-jenis peralatan dan perlengkapan kopi
4. Karakteristik bahan-bahan baku kopi
5. Strategi Promosi dan Pemasaran
6. Laporan Keuangan
7. Izin Usaha Mikro
8. Menangani Pelanggan
Aspek Kompetensi: Keterampilan (Skill)
1. Cermat dalam mengelola usaha mikro
2. Kreatif dalam mengelola layanan digital
3. Rajin dalam menjaga kebersihan lingkungan kerja
4. Teliti dalam memilih bahan baku yang berkualitas
5. Teliti dan cermat dalam menerapkan strategi promosi dan pemasaran
6. Teliti dan cermat dalam membuat rancangan anggaran biaya usaha mikro
7. Rajin mempelajari bagaimana cara untuk mengurus perizinan usaha mikro
8. Bijak dalam menangani keluhan pelanggan serta kreatif memberikan reward kepada pelanggan
Aspek Kompetensi: Sikap (Attitude)
1. Mengaplikasikan usaha mikro dalam bentuk warung kopi digital
2. Mengaplikasikan penggunaan layanan digital dalam usaha mikro
3. Mampu membuat dan meracik berbagai macam Minuman Kopi serta mengoperasikan mesin kopi
4. Menghasilkan produk baru yang sesuai dengan selera pelanggan dan trend pasar
5. Mempraktekkan strategi promosi dan pemasaran untuk meningkatkan penjualan
6. Mempraktekkan cara membuat rancangan anggaran biaya usaha mikro
7. Mempraktekkan cara untuk mengurus perizinan usaha mikro
8. Mampu menangani komplain pelanggan dengan cepat serta mempraktekkan sistem pemberian reward untuk kepuasan pelanggan
Kelompok Sasaran
1. Usia minimum 18 tahun
2. Usia maksimum 64 tahun
Syarat dan ketentuan lainnya
1. Laptop: Memory RAM minimal 4Gb, Processor minimal Intel Pentium 4, 2.8 Ghz atau setaranya & Ukuran layar minimal 14 Inch
2. Microsoft Word : peserta bisa mengaplikasikan penggunaan Microsoft Word untuk pembuatan mind map/ringkasan dan laporan
3. Media Sosial: minimal memiliki media sosial Instagram dan WhatsApp.
4. Peralatan manual kopi:
-alat-alat:
-Scale/timbangan
-Kettle
-Gelas/cup
-Kopi
-Gula
-Air mineral
-Sendok
-Paper filter v60
-V60set
-Moka Pot
-VietnamDrip set
-Aeropress
-FrenchPress
-MilkJug
Durasi Per Sesi
Sesi 1 :
08.30 – 12.00 WIB
12.00 - 13.00 WIB (Istirahat)
13.00 - 17.00 WIB (450 Menit)
-Pengantar Usaha Mikro
-Strategi Mengelola Usaha Mikro
-Penerapan Usaha Mikro : Warung Kopi Digital
-Pemanfaatan Layanan Digital : Warung Kopi Digital
-Mengoperasikan Peralatan Kopi dan Penggunaannya
Sesi 2 :
08.30 – 12.00 WIB
12.00 - 13.00 WIB (Istirahat)
13.00 - 17.00 WIB (450 Menit)
-Strategi Promosi Usaha Mikro
-Strategi Pemasaran Menggunakan Media Sosial
-Strategi Pemasaran Menggunakan Marketplace
-Cara Mengelola Keuangan Usaha Mikro
-Pengurusan Izin Usaha Mikro
-Strategi Menangani Pelanggan
-Kepuasan Pelanggan
Total Durasi
900 menit
Kapasitas Peserta
25
Metode Pembelajaran
Luring
Metode Evaluasi
1. Pre Test
2. Quiz
3. Post Test
4. Unjuk Keterampilan
Jenis/Klasifikasi Sertifikat
Sertifikat Penyelesaian
Profile Mentor
Tedy Krisnawan
Tedy Krisnawan merupakan seorang direktur produk yang berpengalaman selama lebih dari 5 tahun dalam mengembangkan suatu produk dalam perusahaan. Beliau memiliki pengetahuan dan keterampilan dalam menghasilkan dan menciptakan inovasi produk yang sesuai dan melampaui standar industri pasar. Selain itu Tedy Krisnawan juga berpengalaman dalam membangun usaha mikro serta mengatur manajemen bisnis. Keterampilannya dalam mengurus perizinan usaha, mengembangkan strategi pemasaran, menangani pelanggan, mengatur operasional usaha mikro dan menciptakan inovasi produk membuat usaha mikro (Kafe) yang beliau geluti selama 3 tahun tetap eksis dan diminati para konsumen.
Profile Asisten Mentor
Rino Aprian,S.sos
Rino Aprian,S.sos memiliki pengalaman sebagai kepala pemasaran dan komunikasi selama 4 tahun, dengan pengalaman tersebut membuat beliau profesional dalam menentukan target dan tujuan pemasaran, menganalisa efisiensi strategi pemasaran, menyesuaikan budget usaha dan melakukan pengembangan produk. Rino Aprian juga merupakan pemilik usaha mikro (Kafe), sehingga hal tersebut membuat beliau memiliki keterampilan dalam membangun usaha mikro dan melakukan manajemen bisnis
Website : https://cybersacademy.id/
Call Center
No Telp Cybers Academy = 0838 4689 2203
WA CS Cybers Academy = http://wa.me/6283846892203
Group Telegram = https://t.me/cybersacademy2023
Komentar (0)
Jadwal Pelatihan Aktif
Menampilkan 4 jadwal pelatihan Aktif (jadwal pelatihan aktif terdekat)
Pertemuan Hari - 1 Strategi Membangun Usaha Mikro bagi Manajemen Bisnis
Pertemuan Hari - 2 Strategi Membangun Usaha Mikro bagi Manajemen Bisnis
InstruksiUnjukKeterampilan:
Buatlah sebuah rancangan usaha mikro yang ingin Anda jalankan. Rancangan harus mencakup beberapa poin sebagai berikut:
1. Nama usaha, jenis usaha, lokasi usaha,dan logo usaha
2. SOP untuk usaha Anda
3. Strategi promosi dan pemasaran menggunakan media sosial (misalkan instagram, facebook, whatsApp, youtube, tiktok)
4. RAB bahan baku usaha Anda
5. Strategi Anda untuk memberikan pelayanan terbaik atau reward bagi pelanggan
Tugas dibuat dalam laporan dengan format pdf
Evaluasi Program Strategi Membangun Usaha Mikro bagi Manajemen Bisnis
Reflective Journal