Tentang Pelatihan
Deskripsi Pelatihan
Melalui pelatihan ini diharapkan peserta dapat menjadi manajer kafe yang memiliki keterampilan manajemen usaha, kepemimpinan dan pengetahuan tentang pengelolaan bisnis kafe dari bahan baku, peralatan & perlengkapan usaha serta promosi & pemasaran ditambah tuntutan memiliki interpersonal yang baik dengan karyawan untuk menjadi seorang manajer cabang yang mampu mengelola usaha cafe secara profesional.
Tujuan Umum Pelatihan
Peserta mampu mengimplementasikan prosedur dalam serangkaian aktivitas yang dilakukan untuk mengelola dan memastikan keberhasilan operasional cabang kedai kopi. Aktivitas-aktivitas ini mencakup pengelolaan sumber daya manusia, pengadaan bahan baku, manajemen persediaan, pengendalian biaya, pelayanan pelanggan, pemeliharaan fasilitas, menerapkan strategi pemasaran, hingga membuat laporan keuangan dengan menunjukkan penguasaan minimal 80 persen pada sesi unjuk keterampilan.
Tujuan Khusus Pelatihan
Setelah mengikuti pelatihan, peserta mampu:
1. Memahami alur Manajemen Cabang Kedai Kopi
2. Memahami alur pengembangan rencana bisnis dan strategi pengelolaan cabang kedai kopi
3. Memahami alur manajemen operasional cabang kedai kopi
4. Mempraktikkan cara untuk mengoperasikan cabang kedai kopi
5. Menganalisis manajemen sumber daya manusia cabang kedai kopi
6. Memahami cara untuk merencanakan bahan baku untuk cabang kedai kopi
7. Melayani dan menangani pelanggan secara profesional
8. Melayani serta menganalisis cara untuk menangani situasi konflik pelanggan secara profesional
9. Memahami manajemen pemasaran dan promosi cabang kedai kopi
10. Memahami manajemen risiko cabang kedai kopi
11. Mempraktekkan cara untuk mengelola manajemen keuangan cabang kedai kopi
12. Memahami prosedur keamanan, kesehatan dan keselamatan kerja
Aspek Kompetensi: Pengetahuan (Knowledge)
1. Melaksanakan manajemen cabang kedai kopi
2. Merencana bisnis & strategi pengelolaan cabang kedai kopi
3. Memeriksa pengelolaan keuangan
cabang kedai kopi
4. Merancang dan merencanakan promosi dan pemasaran usaha kedai kopi
5. Merencanakan kebutuhan yang diperlukan dalam mengelola kedai kopi
6. Melaksanakan dalam melayani pelanggan
7. Merancang kegiatan strategi promosi dan pemasaran
8. Menyelesaikan komplain pelanggan
9. Melakukan laporan kepuasan pelanggan
Aspek Kompetensi: Keterampilan (Skill)
1. Merancang dan membangun mengelola cabang kedai kopi yang efektif
2. Menyusun rencana bisnis dan strategi pengelolaan cabang kedai kopi
3. Menyusun dan membuat laporan keuangan usaha kedai kopi
4. Merancang dan merencanakan promosi dan pemasaran usaha kedai kopi
5. Membuat dan merancang tampilan bar kopi secara menarik
6. Mempraktekkan strategi pemasaran dan promosi kedai kopi
7. Merancang dan membangun kegiatan pemasaran digital
8. Memperbaiki dan menyesuaikan aturan yang menjadi komplain dan pelanggan
9. Membuat perencanaan baru dari hasil laporan kepuasan pelanggan
Aspek Kompetensi: Sikap (Attitude)
1. Menjelaskan dan mempraktekkan cara mengelola kedai kopi
2. Menjelaskan dan melengkapi kegiatan strategi pengelolaan bisnis kedai kopi
3. Melengkapi dan menulis laporan keuangan usaha kedai kopi
4. Mempraktekkan dan mendemonstrasikan kegiatan promosi dan pemasaran usaha kedai kopi
5. Mendemonstrasikan menata kebutuhan yang diperlukan dalam mengelola kedai
6. Melengkapi dan menunjukan tanggung jawab dalam pemeliharaan peralatan dan perlengkapan yang diperlukan dalam mengembangkan kedai kopi
7. Mempraktekkan kegiatan pemasaran digital baik sosial media atau website
8. Melayani dan menyelesaikan persoalan setiap komplain dari pelanggan
9. Melengkapi laporan kepuasan pelanggan
Kelompok Sasaran
Usia minimal 18 tahun
Usia maksimal 65 tahun
Pendidikan minimal SMA/SMK
Syarat lainnya :
- Laptop: Memory RAM minimal 4Gb, Processor minimal Intel Pentium 4, 2.8 Ghz atau setaranya & Ukuran layar minimal 14 Inch atau Handphone yang memadai untuk aplikasi zoom meeting
- Wifi/Sinyal Internet dengan kecepatan minimal 300 kbps
- Alat Praktek: kopi bubuk, gelas, air mineral, SKM, sendok
Durasi Per Sesi
1/ 09.00 - 12.00 WIB 1/ 13.00 - 16.00 WIB (180 menit)
Pelatihan Pengenalan tentang manajemen cabang kedai kopi
Pelatihan Pengembangan rencana bisnis dan strategi pengelolaan cabang kedai kopi
Pelatihan Manajemen operasional cabang kedai kopi
2/ 09.00 - 12.00 WIB 2/ 13.00 - 16.00 WIB (180 menit)
Pelatihan Merencanakan dan mengoperasikan kedai kopi
Pelatihan Manajemen sumber daya manusia
cabang kedai kopi
3/ 09.00 - 12.00 WIB 3/ 13.00 - 16.00 WIB (180 menit)
Pelatihan Menrencanakan bahan baku untuk cabang kedai kopi
Pelatihan Menangani pelanggan
4/ 09.00 - 12.00 WIB 4/ 13.00 - 16.00 WIB (180 menit)
Pelatihan Menangani situasi konflik
Pelatihan Manajemen pemasaran dan promosi cabang kedai kopi
Pelatihan Manajemen resiko cabang kedai kopi
5/ 09.00 - 12.00 WIB 5/ 13.00 - 16.00 WIB (180 menit)
Pelatihan Manajemen keuangan
cabang kedai kopi
Pelatihan Sanitasi, Hygiene dan Keselamatan Kerja Bidang Makanan
Total Durasi
900 Menit
Kapasitas Peserta
100
Metode Pembelajaran
Daring
Metode Evaluasi
1. Pre Test
2. Quiz
3. Post Test
4. Unjuk Keterampilan
Jenis/Klasifikasi Sertifikat
Sertifikat Penyelesaian
Cara Redeem Voucher
Profile Mentor
Berikut profile singkat mentor di pelatihan ini :
1. Hadi Christianto Tannada
Seorang Project Coordinator yang bertanggung jawab Memberikan pelatihan kepada seluruh Karyawan/Staff Baru dalam bidang produksi, manajemen & pemasaran produk, alur operational cabang dan mempunyai pengalaman menjadi seorang Manager Operational yang bertugas mengecek stock, penjualan, product development, dan strategi bisnis hingga menguasai pembuatan menu minuman kopi
2. Muhammad Tirta Adhitama
Pribadi yang kerja keras dan ulet. Berawal dari menjadi assistant barista hingga dipercaya menjadi Seorang Barista di sebuah resto cabang Bengkulu. Menguasai seluk beluk tentang kopi, mulai dari Dasar Budi Daya Tanaman Kopi hingga menjadi segelas minuman kopi yang sangat di minati. Selain itu mempunyai keahlian dalam memberikan pelatihan bagaimana menjadi seorang barista permula, dan bagaimana cara membuka peluang usaha di bidang kopi.
Profile Asisten Mentor
Berikut profile singkat asisten mentor di pelatihan ini :
1. Utami Lestariningrum
Sebagai seorang barista yang mampu membuat atau meracik menu baru yang dapat menarik pelanggan, sudah sangat memahami jenis-jenis kopi dan cara pengolahannya agar dapat menghasilkan cita rasa baru yang pas di lidah
2. Amelia Rachma Fitri
Sebagai seorang barista yang setiap hari meracik sebuah kopi, menjaga dan merawat mesin-mesin kopi agar kopi yang dihasilkan memiliki kualitas terbaik juga melatih karyawan-karyawan baru mengenai pengoperasian mesin-mesin kopi, guna mengurangi terjadinya kesalahan
Website : https://prakerja.cybersacademy.id/
Call Center
No Telp CS Bencoolen Coffee = 089630751495
WA CS Bencoolen Coffee = http://wa.me/6289630751495
Group Telegram = https://t.me/prakerjabencoolen2023
Komentar (0)
Webinar Hari - 1 Membangun Bisnis Kafe bagi Manajer Cabang
Materi Bacaan Hari - 1 Membangun Bisnis Kafe bagi Manajer Cabang
Tugas Praktik Hari - 1 Membangun Bisnis Kafe bagi Manajer Cabang
Webinar Hari - 2 Membangun Bisnis Kafe bagi Manajer Cabang
Materi Bacaan Hari - 2 Membangun Bisnis Kafe bagi Manajer Cabang
Tugas Praktik Hari - 2 Membangun Bisnis Kafe bagi Manajer Cabang
Webinar Hari - 3 Membangun Bisnis Kafe bagi Manajer Cabang
Materi Bacaan Hari - 3 Membangun Bisnis Kafe bagi Manajer Cabang
Tugas Praktik Hari - 3 Membangun Bisnis Kafe bagi Manajer Cabang
Webinar Hari - 4 Membangun Bisnis Kafe bagi Manajer Cabang
Materi Bacaan Hari - 4 Membangun Bisnis Kafe bagi Manajer Cabang
Tugas Praktik Hari - 4 Membangun Bisnis Kafe bagi Manajer Cabang
Webinar Hari - 5 Membangun Bisnis Kafe bagi Manajer Cabang
Materi Bacaan Hari - 5 Membangun Bisnis Kafe bagi Manajer Cabang
Pengiriman Tugas Unjuk Keterampilan
Evaluasi Program
